Tips Melatih Suara Lovebird Kesayangan Anda

Tips Melatih Suara Lovebird Kesayangan Anda

Saat ini terdapat beberapa jenis suara lovebird yang populer di kalangan pecinta burung. Suara burung lovebird sendiri memang menjadi favorit juara dalam perlombaan kicau burung hingga tingkat internasional. Lovebird memiliki karakter suara ngekek panjang yang terkenal. Saat ini, lovebird kusumo memiliki suara yang fenomenal karena mampu bertahan lama dalam berkicau. Untuk mendapatkan suara tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. Anda harus benar-benar berkomitmen dalam melatih suara dari lovebird kesayangan Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih suara dari lovebird. Salah satunya adalah dengan melakukan terapi kepada lovebird. Berikut ini kami berikan cara terapi yang tepat untuk lovebird kesayangan Anda :

  1. Memandikan Lovebird yang Benar

Jika Anda ingin lovebird ngekek panjang pada pukul 7 pagi, Anda bisa memandikannya dengan cara yang benar. Anda bisa memandikan lovebird menggunakan hand sprayer sampai basah kuyup daripada membiarkannya mandi pada bak. Dalam menyemprot lovebird sebaiknya dimulai dari atas yaitu bagian kepala. Jangan sampai semprotan tersebut mengenai mata dari lovebird.

  1. Melakukan Penjemuran

Jemur lovebird sampai pukul 10 pagi setelah dimandikan. Anda bisa menjemur lovebird di teras rumah. Pastikan sangkar dari lovebird aman dari jangkauan hewan lain seperti kucing, anjing, ular, semut dan sebagainya. Setelah dijemur, bantu lovebird untuk beradaptasi dengan cara mengangin-anginkannya sekitar lima menit.

  1. Mandi Semprot Tahap 2

Mandi semprot ini sama seperti pada tahap yang pertama. Hanya saja tahap dua ini kemudian dilanjut dengan menjemur lovebird hingga pukul 12 siang. Tetapi, penjemuran harus dilakukan di area yang tidak langsung terkena sinar matahari. Setelah dijemur, gantung sangkar sekaligus diangin-anginkan untuk beristirahat.

  1. Asupan Makan yang Tepat

Berikan asupan pakan yang bergizi agar menghasilkan ngekek yang panjang. Beberapa pakan yang bisa Anda pilih antara lain milet putih, milet merah, biji kenari, biji oat, jagung manis, kecambah, apel merah dan kangkung. Selain asupan pakan yang tepat, perhatikan juga kebersihan kandang agar lovebird terhindar dari penyakit.

 

Selain melakukan terapi, Anda juga bisa melakukan pemasteran untuk meningkatkan kualitas dari lovebird. Pemasteran bisa dilakukan menggunakan burung asli maupun audio suara.

Author: editor