5 AIR TERJUN(CURUG) MEMUKAU DAN MENAWAN DI BANDUNG

5 AIR TERJUN(CURUG) MEMUKAU DAN MENAWAN DI BANDUNG

Air terjun atau curug sangat diincar dicari keberadaanya oleh wisatawan dalam maupun luar bandung keindahanya sangat memukau  dan  menawawan menambah pesona mutiara panorama alam yang ada di bandung.Suatu Rekomedasi saja jika anda berasar dari jakarta ingin berkunjung kota kenangan ini disaankan untuk memakai jasa kereta dengan membeli tiket kereta jakarta bandung agar perjalanan anda nyaman terhindar dari macet karena bandung sangat padat ketika weekend dan waktu libur.Bandung menawarkan wisata curug atau air terjun yang akan melepas dahaga anda kerinduan akan kilauan jernihnya air terjun serta alunan indah aliran indah air terjun akan menambah anda betah untuk berlama-lama menikmati salah satu nikat karunia tuhan yang tidak ada bandinganya. Sehingga melahirkan rasa syukur yang tiada tara ketika  kita sampai saat ini masih bisa diberi nikmat penglihatan berupa mata serta nikmat pendengaran berupa telinga berupa salah satu keindahan alam tersaji yaitu curug atau air terjun

Berikut ini adalah beberapa air terjun yang dapat membuat anda terpukau dan terpeson a di bandung:

CURUG SAWER

Kawasan air terjun ini terdapat di desa cililin,Kabupaten Bandung barat. Curug inilangsung dikelola dan diawasi oleh lembaga KPH Perhutani yang memiliki luas area 7 ha. Air terjunya sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 1700 mdpl dan memiliki curah hujan sekitar 4000mm/tahun. Hal yang memukau dan menawan di curug ini yaitu airnya yang masih jernih dan terjaga tanpa terkontaminasi apapun dan air terjunya memiliki beberapa tingkatan.

CURUG PANGANTEN

Anda dapat menemukan curug ini di jalan raya cihanjuang KM 5,56, Menurut sejarahnya awalnya naman air terjun ini yaitu  curug sewu tapi lambat laun namanya di ganti menjadi curug panganten yang berarti dalam bahasa indonesia yaitu air terjun pengantin. Mengapa dinamakan tersebut karena di kawasan ini katanya ada dua buah curug atau air terjun yang saling berhadapan seolah-olah menggambarkan pasangan hidup yang abadi kekal menjalin asmara dan kasih sayang sehingga dinamakan demikian.

CURUG SILIWANGI

Lokasi air terjun ini berada di daerah campakamulya, Cimaung, Bandung tepatnya di Bumi perkemahan gunung puntang tepatnya di komplek gunung malabar. Curug iniberadadi ketinggian sekitar 1.290 mdpl tinggi air terjunya sekitar 100 meter dengan curah hujan mencapai 2.000-2.500 mm/tahun dan suhu udara sejuk yaitu antara 180C-250C. Ada hal sejarah yang unik disamping air terjunya membuat anda memukau dan mempesona yaitu konon ceritanya asal mula air terjun ini terbentuk yaitu  berawal nama anak kecil yang berjuluk Prabu Siliwangi sedang kencing diatas gunung reregan. Disamping itu semua curug siliwangi akan menyajikan anda pesonal alam yang tiada tara dan tidak pernah sia sia untuk dikunjungi.

CURUG LAYUNG

Kawasan Curug ini terletak di desa kertawangi ,Cisarua,Kabupaten bandung.  Air terjun ini tepat di kaki burangrang awalnya kawasan curug ini sempat ditutup karena dipakai pelatihan militer oleh anggota kopasus namun pada tahun 2012 dibuka kembali untuk objek wisata.hal yang manarik dari curug ini adalah aliranya tidak tinggi dapat dipakai untuk berenang.Di curug ini pun anda dapat berkemah dan melihat keindahan sunrise yang tiada tara.

CURUG BUGBRUG

Air terjun ini berada di desa kertawangi ,Kecamatan parongpong,Kabupaten bandung barat. Merupakan air terjun yang masih jarang dikenal dikarenakan pamor atau ketenaran nya masih kalah dengan curug cimahi atau tilu. Padahal disamping itu semua air terjun ini sangat mudah untuk diakses. Disarankan untuk anda datang kesini saat musim hujan anda akan disuguhkan dengan derasnya volume intensitas air yang mengalir dari curug ini menambah peson dan daya tarik tersendiri.

Author: editor