4 Info Parenting Seputar Kebutuhan Anak yang Beranjak Remaja

4 Info Parenting Seputar Kebutuhan Anak yang Beranjak Remaja

Saat anak sudah meninggalkan bangku sekolah dasar, mereka tidak bisa disebut anak-anak lagi. Mereka sudah mendapat predikat ‘remaja’ dan Anda harus tahu beberapa info parenting yang nantinya dibutuhkan untuk mendidik anak seusia mereka. Begitupula dengan hal-hal apa saja yang mereka butuhkan, contohnya sebagai berikut.

  1. Adaptasi dan Penghargaan

Peralihan masa anak-anak menuju remaj awal ibaratnya pindah rumah, perlu adaptasi yang membutuhkan pemakluman jika masih ada kekeliruan yang dilakukannya. Jangan lupa juga untuk memberinya penghargaan berupa penghargaan maupun pujian. Setiap anak juga memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda.

Oleh karena itu, beri waktu lebih kepada mereka dalam beradaptasi terhadap perubahan dirinya dari anak-anak menjadi remaja. Hindari membanding-bandingkan mereka dengan remaja seusianya karena sekali lagi, setiap orang memiliki proses pertumbuhan, perkembangan, serta kecerdasan yang berbeda.

  1. Beri Pengetahuan Tentang Seks

Pengetahuan tentang seks di sini bukan dengan memberitahu secara gamblang tentang seks yang dilakukan suami istri, tapi pengetahuan seks yang sesuai dengan usia mereka. Jadi, masalah apa saja yang dihadapi saat pubertas dan bagaimana solusinya.

Remaja perempuan biasanya sudah mengalami masa haid pertamanya, sedangkan remaja laki-laki ditandai dengan penonjolan otot di beberapa anggota tubuh. Beri penjelasan pada mereka bahwa hal itu normal dan sikap yang benar untuk menghadapinya, misal dengan memberitahu kewajiban mereka untuk menutup aurat dan semacamnya.

  1. Kepercayaan Orang Tua

Anak yang beranjak remaja remaja juga cenderung kurang suka jika disebut masih anak-anak. Mereka lebih suka Anda memberi tugas-tugas yang cocok untuk usia remaja. Sayangnya, orang tua kadang menganggap sepele hal ini dan masih terus menganggap mereka anak-anak dan memanjakan mereka.

Sebaliknya, ada juga remaja yang masih suka dengan dunia bermain. Jika menghadapi hal ini, Anda harus membimbing sang anak agar pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan usia. Lakukan mulai dari hal terkecil seperti mengatakan ‘wah, kakak sudah semakin besar, sudah bisa merapikan rumah. Kakak juga sudah pintar masak nasi yang pas matangnya’.

  1. Perlindungan Orang Tua

Peralihan anak-anak ke remaja tidak menghindarkan kemungkinan untuk mereka melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan anak-anak. Saat ada orang yang menegur mereka dengan kasar, Anda sebagai orang tua harus bersikap bijak.

Pertama, cari tahu perilaku apa yang membuat orang lain menegur anak Anda. Selanjutnya, beri penjelasan bahwa anak Anda belum paham dengan apa yang dilakukannya dan meminta pengertian dari orang tersebut. Selanjutnya, ajak anak Anda ke rumah dan beri pemahaman dengan lemah lembut tapi tegas tentang ‘kesalahan’ yang dilakukannya.

Itulah kelima info parenting yang bisa Anda jadikan acuan untuk mendidik anak yang beranjak remaja. Didikan Anda pada mereka yang berusia remaja awal biasanya mempengaruhi perkembangan mereka memasuki usia remaja pertengahan (SMA/ 15-18 tahun) dan usia remaja akhir (kuliah/ 18-21 tahun).

Author: editor